Di Balik Lensa

Berawal dari kesamaan hobi di bidang fotografi serta keinginan untuk memajukan dunia fotografi di Kutai Kartanegara (Kukar), Komunitas Fotografer Lensa Kukar dibentuk oleh Nopianda (Yanda), Jaya Miharja dan M. Agri Winata.

Nama Lensa Kukar sendiri muncul pada tahun 2005 setelah 2 tahun lebih ketiganya aktif dalam kegiatan fotografi di Kabupaten Kutai Kartanegara maupun Kalimantan Timur lewat komunitas FN Kaltim, sebuah komunitas anggota situs Fotografer.net yang berdomisili di Kaltim.

Lewat Lensa Kukar, mereka membidik keindahan alam, seni budaya, maupun realita kehidupan yang ada di Kutai Kartanegara. Hasil karya foto ketiganya pun telah menghiasi sejumlah media cetak nasional maupun mancanegara.

Kendati telah dibentuk pada tahun 2005, namun Lensa Kukar tak serta merta langsung diperkenalkan secara luas. Konsentrasi ketiganya saat itu masih kepada upaya pembelajaran fotografi bagi generasi muda.

Seiring dengan perjalanan waktu, nama Lensa Kukar akhirnya mulai digaungkan lewat situs jejaring sosial terpopuler, Facebook, pada tahun 2009.

Sambutan hangat pun muncul dari Facebooker asal Kutai Kartanegara dengan bergabung sebagai anggota grup Lensa Kukar. Momen pesta adat Erau 2009 menjadi ajang hunting bareng pertama di bawah bendera Lensa Kukar.

Melihat tingginya antusiasme para fotografer asal Kutai Kartanegara yang bergabung, akhirnya tercetus ide untuk membentuk Lensa Kukar  sebagai sebuah klub fotografer resmi, lengkap dengan susunan pengurus, AD/ART maupun kelengkapan organisasi lainnya.

Lewat rapat yang digelar pada 3 Januari 2010, susunan kepengurusan Komunitas Fotografer Lensa Kukar untuk pertama kalinya dibentuk dengan menunjuk Fariza Prima Yudha sebagai Ketua, Hendra Maulani sebagai Sekretaris dan Hizatul Tri Yanti sebagai Bendahara.

Untuk mewujudkan visi, misi maupun komitmennya sebagai wadah pehobi fotografi di Kutai Kartanegara, kepengurusan Lensa Kukar  terdiri dari beberapa divisi seperti Pendidikan dan Pelatihan, Hunting, Model dan Hubungan Masyarakat.